Home > Bisnis Perunggasan, Others > S.Pt. = Sarjana Penuh Tantangan

S.Pt. = Sarjana Penuh Tantangan

Saya cukup tertarik dengan artikel dari salah seorang kompasianer dengan profile “ekabess” yang berjudul Reposisi Mahasiswa Peternakan Indonesia yang beralamat di sini

Setelah membaca artikel tersebut yang bernuansa cerpen, akhirnya saya tergerak membuat tanggapan.

===========================================================

Cerpen yang cukup menarik dan setting situasinya mirip dengan pengalaman saya juga ketika masih study dahulu.

Bila memang situasi seperti itu masih terjadi di tahun 2010, itu artinya adalah belum ada pergeseran berarti dari dunia kampus Peternakan Indonesia jaman saya study sampai sekarang ini. Bahasa lainnya adalah “Kebuntuan wawasan mahasiswa terhadap dunianya nanti selepas study, masih menjadi bayang-bayang gelap yang mengkhawatirkan”.

Sekedar sharing untuk teman-teman yang sedang berjuang study di peternakan, saya tuangkan beberapa pemikiran saya :

1. marilah berfikir bahwa dunia peternakan itu tidak identik dengan kotor, bau, tidak mempunyai nilai ekonomis dan semua hal yang bersifat pesimistis. Kita harus berfikir bahwa peternakan sudah masuk ke ranah Industri, artinya efisiensi dan efektifitas akan berlaku di situ.

2. untuk yang masih study saat ini, tetaplah Anda fokus terhadap peternakan dari sisi keilmuannya, dari sisi dasar ilmu biologinya. Percaya atau tidak percaya, kemajuan negara-negara di Eropa maupun Amerika dalam dunia peternakan tidak bisa dilepaskan dari begitu kuatnya pemahaman mereka tentang prinsip dasar genetika, mikorbiologi, biokimia, fisiologi bahkan fisika dan elektronika, termasuk juga tentang teknologi informasi. Bahkan saat ini mereka sudah berfikir ke arah “Molecular Farming” bukan lagi “Production on Farm”. Sedangkan kita masih terbatas pada “Production on Farm”.

3. Setelah Anda fokus terhadap sisi keilmuannya, jangan lupa Anda buka juga wawasan tentang dunia global, namun tetap berpijak pada kearifan lokal. Dan satu lagi, aspek politik kebijakan perlu juga Anda pelajari. Mengapa ??, karena tanpa sadar keterlambatan perkembangan dunia peternakan Indonesia tidak lepas akiba pola kebijakan kita tidak yang memilki Road Map yang jelas. Kita tidak bisa tahu, apa yang dipikirkan oleh pemegang kebijakan tentang masa depan peternakan di tahun 2050, karena kita tidak punya Road Map.

4. Dimanapun nanti Anda berkarya setelah study, saya titip satu hal yaitu “Jangan berfikir kecil dan sepele terhadap dunia peternakan. Ada harus berfikir hal-hal yang besar, hal-hal yang strategis. Jangan hanya menjadi objek dalam perkembangan/kemunduran dunia peternakan, tetapi ambilah peran menjadi subyek yang menentukan”.

5. Jangan NATO : No Action Talk Only….

Dengan “Hati dan Science” Mari Kita Bicara Perunggasan di Blog Perunggasan Indonesia di sini

Dishare dari Bumi Mojopahit – Mojokerto

Sopyan Haris

Categories: Bisnis Perunggasan, Others
  1. October 31, 2010 at 5:20 AM

    tulisan yang sangat bagus, setuju dengan isi pesan di tulisan ini. semoga kedepan peternakan semakin maju dengan komoditas nya masing-masing. amin

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: