Home > Pangan, Penyakit dan Kesehatan > Benarkah Makan Telur Akan Bisulan atau Kholesterol Tinggi ??

Benarkah Makan Telur Akan Bisulan atau Kholesterol Tinggi ??

Mojokerto, 30 April 2011 | Estimasi baca 5 menit |

Oleh : Sopyan Haris

Sudah sejak dahulu telur diyakini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan kesehatan tubuh manusia. Penolakan dengan dalih kolesterol, bisul atau alergi cenderung karena minimnya kesadaran gizi atau lebih parah karena “politik informasi” yang menyesatkan.

Lebih ironi bila penolakan ini justru dilakukan oleh Ahli Madya Gizi atau sebagian kecil Ahli Kesehatan Manusia akibat keterbatasan pengetahun yang ia miliki.

Persoalan bisul atau alergi bukan karena telur yang mungkin dikonsumsi, tapi lebih pada respon fisiologis sebagian kecil tubuh orang dari 5 Milyar penduduk dunia ini, dan sayanynya memang “hal negatif” justru lebih mudah untuk “di-doktrin” pada sebagian besar kita.

Berikut saya sharing kembali manfaat telur semoga bermanfaat :

# 10 Health Benefits of Eggs #

1.
(Telur baik buat mata. Sebutir telur sehari akan mencegah degenerasi otot, karena mengandung karotenoid (lutein n zeaxanthin). Kedua nutrisi itu lebih tersedia bagi tubuh kita dari telur, daripada dari sumber lain.

2.
Pada Sebuah studi, periset menemukan bahwa orang yang makan telur tiap hari, menurunkan resiko terkena katarak, juga karena ketersediaan lutein dan zeaxanthin dalam telur.

3.
Sebutir telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan kesemua 9 macam asam amino esensial.

4.
(Menurut studi oleh Sekolah Kesehatan Publik HARVARD, tidak ada pengaruh signifikan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung. Justru, menurut studi lain, konsumsi telur yang teratur akan mencegah darah tersumbat, stroke, dan serangan jantung).

5.
Telur sumber yang baik untuk Choline. Sebutir kuning telur mengandung 300 microgrm Choline. Choline penting untuk mengatur otak, sistem syaraf, dan sistem jantung.

6.
(Telur mengandung Lemak yang baik. Sebutir telur mengandung 5gr lemak dan hanya 1.5gr saja berupa lemak jenuh)

7.
(Penelitian yang baru menunjukkan, berbeda dengan apa yang dipercaya selama ini, yaitu bahwa konsumsi telur tidak berakibat buruk terhadap kholesterol. Justru studi terkhir menunjukkan bahwa konsumsi 2 butir telur/hr tidak berpengaruh pada profil lemak seseorang, tapi justru memperbaikinya. Yang menaikkan kholesterol adalah Lemak Jenuh, bukan lemak dari makan telur.

8.
(Telur adalah satu-satunya makanan yg mengandung VITAMIN D secara alami.

9.
(Telur akan cegah kanker payudara. Studi menunjukkan, wanita yang makan telur sedikitnya 6 butir/minggu, mengurangi resiko terkena kanker payudara sebesar 44%

10.
(Telur membantu kesehatan rambut dan kuku, karena mengandung Shulfur yang tinggi, dan bermacam vitamin serta mineral. Banyak orang menyadari bahwa rambut mereka tumbuh lebih cepat setelah makan telur, khususnya bila makanan mereka sebelumnya kekurangan Shulfur / Vit B12

Bagaimana, masih takutkah Anda makan telur ??

Mari sama-sama bantu sebarkan Info berharga ini..

(Sumber : dari berbagai sumber yang di-broadcast di BBM)

Dishare dari Mojokerto – Jawa Timur

Posted with WordPress for BlackBerry.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: