Home > Bisnis Perunggasan, Layer, Pangan, Perunggasan Dunia > Berapa sich produksi telur ayam ras di Indonesia..??

Berapa sich produksi telur ayam ras di Indonesia..??

Mojokerto, 15 Mei 2011, Estimasi baca 5 menit

Kultwit Produksi Telur Ayam Ras di Indonesia.

Oleh : Sopyan Haris

Telur-di-Gudang.jpg

1.
Met sore tweeps, kini giliran kita coba otak-atik angka produksi telur ayam ras di Indonesia. Semoga bermanfaat.

2.
Produksi telur yang dimaksud adalah telur dari ayam ras strain komersial dan bukan dari ayam kampung, ayam arab maupun itik.

3.
Telur tersebut diproduksi dari strain ayam komersial yang beredar di Indonesia antara lain : strain ISA Brown, Hyline Brown, Lohman Brown, maupun Hisex Brown.

4.
Dari semua strain komersial tersebut, angka produksi DOC diduga mencapai 1,7 juta ekor/minggu. Kebenaran angka ini dapat dicek di Majalah Poultry Indonesia atau Direktorat Pembibitan Dirjennak.

5.
Angka 1,7 juta ekor/minggu dikali 80 minggu didapat angka 136 juta ekor (100%) dikurangi 10% kematian didapat angka 122,4 juta ekor ayam petelur umur 1-80 minggu.

6.
20/80 dari angka 122,4 juta ekor adalah ayam dara dan 60/80-nya adalah jumlah ayam petelur masa produksi. Jadi jumlah yang bertelur sebanyak 91,8 juta ekor

7.
Tiap ekor ayam petelur diperkirakan mampu bertelur sebanyak 300 butir setara dengan 19kg dalam rentang waktu 1 tahun atau 365 hari.

8.
Jadi total produksi telur adalah 91,8 juta ekor ayam petelur x 300 butir/ekor = 27.540 juta butir alias 27,54 milyar butir telur. Setara dengan….

9.
91,8 juta ekor ayam petelur x 19 kg telur/ekor = 1.744,2 juta kg telur alias 1,74 milyar kg telur.

10.
Populasi penduduk Indonesia anggaplah 235 juta jiwa, dan anggap juga bahwa setiap penduduk tersebut mengkonsumsi telur. Maka…

11.
Produksi 27.540 juta butir telur dibagi 235 juta penduduk Indonesia didapat angka 117 butir telur/kapita/tahun.

12.
Produksi 1.744,2 juta kg telur dibagi 235 juta penduduk Indonesia didapat angka 7,4 kg telur/kapita/tahun.

13.
1,74 milyar kg telur Indonesia naik dari 0,89 milyar kg telur (1,5% dari produksi telur dunia yang mencapai 59,2 milyar kg) pada tahun 2005 (http://www.incredibleegg.org/kids-and-family/holiday-and-special-occassions/world-egg-day/global-egg-statistics).

14.
Total produksi telur dunia 59,2 milyar kg dan 60% nya diproduksi dari Asia (China 41, 1%, India 4,2%, Jepang 4,2% dan Indonesia hanya 1,5%).

15.
Penduduk Indonesia adalah ke-4 terbesar setelah China, Amerika Serikat dan India, tetapi produksi telur-nya bukan ke-4 terbesar di dunia.

16.
Idealnya, 1 ekor ayam petelur sama dengan 1 jiwa populasi penduduk. Artinya Indonesia harusnya memiliki ayam petelur sebanyak minimal 235 juta ekor, dan saat ini masih 91,8 juta ekor.

17.
Butuh double populasi untuk menyamai populasi ayam petelur dengan populasi penduduk Indonesia. Di sinilah ruang bisnis masih terbuka.

18.
59,2 milyar kg telur adalalah produksi dunia tahun 2005, dan target tahun 2030 adalah 89 milyar kg telur. Siapkah kita menjadi bagian dalam perkembangan ini ??

19.
Bila kita tidak siap, maka investor dari negara lainlah yang akan siap masuk ke pasar Indonesia.

Selamat berjuang.

NB.
Sopyan Haris
“Konsultan Bisnis Perunggasan”
Alumni Fakultas Peternakan UGM – Yogyakarta

Posted by. Sopyan Haris
with WordPress for Iyan’s JaveBerry.

  1. May 16, 2011 at 7:51 PM

    Pak Sofyan, makasih banyak informasinya tentang layer, perkenalkan saya Ratih, saya mau tanya bagaimana saya mendapatkan daftar perusahaan layer di Indonesia ya pak, mohon bantuan bapak. terimakasih sebelumnya

    salam

    • May 17, 2011 at 1:18 PM

      Dear Bu Ratih,

      Terima kasih sudah mampir ke BLOG Perunggasan Indonesia. Pada BLOG ini saya berusaha untuk sharing hal yang sifatnya umum berdasarkan pengalaman yang saya alami. Ada hal-hal yang bersifat umum dan ada hal yang bersifat privasi dalam dunia perunggasan ini. Daftar perusahaan bagi saya adalah data yang bersifat privasi dan saya mengambil posisi untuk tidak menjadikannya sebagai informasi terbuka.

      Bila-pun nantinya Bu Ratih toch bisa mendapatkan data tersebut bukan dari saya itu persoalan lain. Saran saya, Bu Ratih bisa mencoba mencari informasi tersebut ke lembaga formal seperti Pinsar (Pusat Informasi Pasar) atau Majalah Poultry Indonesia di Jakarta.

      Mohon maaf, saya belum bisa memenuhi keinginan Ibu.

      Salam,

      • May 17, 2011 at 8:31 PM

        Dear Pak Haris,

        Terimakasih sudah merespons comment saya, saya sudah sangat terimakasih mendapatkan informasih dari Bapak perihal PINSAR atau majalah poultry Indonesia.

        Selamat bertugas.
        salam

      • May 17, 2011 at 10:01 PM

        Dear Bu Ratih,

        Terima kasih juga atas kesediaan Ibu mampir ke BLOG Perunggasan Indonesia. Saya juga terbuka atas saran dan masukannya.

        Saya berusaha selalu update memberi informasi perihal Perunggasan Indonesia dari sudut pandang yang berbeda.

        Salam,

  2. May 15, 2011 at 6:01 PM

    WOW….!! itulah sebabnya saya sangat tertarik untuk mengembangkan jumlah ternak ayam petelur skrg ini…
    sebelumnya terima kasih datanya pak haris.. saya sebelumnya mencari2 di google ttg jumlah populasi ternak ayam petelur yang ada diindonesia… dan ternyata tidak ketemu juga…. hahahaha…trims…

    • May 15, 2011 at 6:19 PM

      Dear Pak Winardi,

      Data yang saya ungkap-kan boleh jadi tidak 100% akurat, dan saya juga cukup yakin tidak ada seorang-pun di Indonesia yang bersedia mengungkap angka yang 100% valid. Angka-nya sangat dinamis.

      Lepas dari itu semua, kuncinya adalah bahwa perunggasan kita masih harus banyak berbenah untuk menuju persaingan dalam konstelasi industri telur Asia bahkan dunia.

      Saya berusaha untuk mengungkap perunggasan dari sisi makro ke sisi mikro. Wawasan global membantu kita untuk bertindak lokal.

      Salam,

    • September 9, 2011 at 9:07 AM

      Met Siang Pak Win,

      Saya ada artikel terbaru tentang Closed House Ayam Petelur. Monggo meluncur ke link berikut https://unggasindonesia.wordpress.com/2011/09/08/di-balik-kemegahan-kandang-closed-house-ayam-petelur/

      Selamat membaca.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

