Home > Bisnis Perunggasan, Broiler, Performance > Bagaimana Memandang Kualitas DOC

Bagaimana Memandang Kualitas DOC

Bagaimana Memandang Kualitas DOC *

Oleh : Sopyan Haris **

Estimasi baca : 3 menit

 

Dari group sebelah ada pertanyaan yang diajukan oleh seorang sahabat bernama Ibu Emilia yaitu : “Mou Nanya… untuk kwalitas DOC yng paling bagus merk apa…? ”

Membaca pertanyaan dari Ibu Emilia, saya mencoba memberikan tanggapan sebagai berikut :

 

 

1.
Setiap perusahaan penghasil DOC punya standar kualitas dan standar operating prosedur untuk menghasilkan DOC yang berkualitas bagus. Tetapi pengertian ini tidak serta merta berdampak bahwa sepanjang tahun maupun setiap saat kualitas DOC dari merk tertentu excellent.

2.
Saya kuatir, ketika kita melihat kualitas DOC lalu pikiran kita membandingkan layaknya dengan kualitas kertas, sabun atau mungkin kualitas mobil atau sepeda motor. Maksud saya adalah akan lebih bijak bila kita bicara kualitas DOC jangan disamakan dengan kualitas produk yang berupa benda mati. Apalagi pertanyaan Ibu adalah : “Mou Nanya… untuk kwalitas DOC yng paling bagus merk apa…? ”

3.
Suatu ketika bila kita menerima DOC merk tertentu yang kebetulan “dehidrasi” akibat problem perjalanan dari supplier ke farm kita lalu kita menganggap bahwa DOC merk tersebut kualitas nya jelek, maka itu adalah sebuah analisa yang sangat tidak bijak.

4.
Memandang kualitas DOC menurut saya sebaiknya diawali dengan memperbaiki cara pandang kita terhadap “pengertian kualitas DOC”. DOC merupakan produk berupa bibit makhluk hidup akan tidak sama bila kita komparasikan dengan produk berupa benda mati.

5.
Yang bisa kita lakukan sebagai bahan pertimbangan untuk akhirnya memilih DOC merk apa yang akan kita gunakan, berikut saya sharing pengalaman :

5a.
Kenalilah perusahaan penghasil DOC tersebut (bukan perusahaan distribusinya), pengalaman panjang dari perusahaan tersebut menunjukkan komitmen dari perusahaan tersebut.

5b.
Kenalilah apakah perusahaan tersebut memiliki “layanan purna jual”, adanya layanan tersebut menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memberikan perhatian terhadap kepuasan peternak.

5c.
Pahamilah bagaimana jalur pembelian DOC merk tertentu tersebut antara Anda hingga perusahaan penghasil DOC. Pengetahuan ini akan sangat membantu manakala di kemudian hari ada permasalahan.

5d.
Yang tidak kalah penting adalah berikan perhatian ekstra pada upaya kita saat DOC akan datang hingga 7 hari DOC berada di farm kita.

6.
Menurut saya, tidak ada satupun perusahaan penghasil DOC di Indonesia yang berani memberikan garansi terhadap kualitas maupun pencapaian performance produksinya. Mereka berusaha memberikan kualitas yang baik dengan diimbangi oleh pelayanan purna jual dan komunikasi dengan peternak.

7.
Karena berbisnis di perunggasan ini menurut saya bukan bisnis bagaimana kita menang sendiri tetapi merupakan bisnis yang diharapkan langgeng dalam jangka panjang yang saling menguntungkan.

Kira-kira demikian yang bisa saya sharing. Untuk mengetahui apa dan bagaimana perunggasan di Indonesia silahkan mampir di BLOG Perunggasan Indonesia di http://www.unggasindonesia.wordpress.com

===================================

*. Persoalan dalam teknis pemeliharaan

*. Sastrawan Perunggasan, kini tinggal di Kalimantan

 

Posted by. Sopyan Haris
with WordPress for Iyan’s JaveBerry.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: