Home > Penyakit dan Kesehatan, Performance > Apakah arah melintang kandang Anda sudah benar ??

Apakah arah melintang kandang Anda sudah benar ??

Apakah arah melintang kandang Anda sudah benar ?? *

Oleh : Sopyan Haris **

Bulan Desember ini menurut saya adalah bulan yang tepat untuk mengevaluasi kembali apakah kandang broiler atau layer yang kita miliki sudah tepat arah melintang Timur – Baratnya ??

Bila Anda memiliki Kompas, cobalah luangkan waktu sejenak pukul 7 pagi dan 5 sore untuk melihat pada posisi derajat berapakah matahari terbit dan tenggelam saat ini dari arah utara ??

Arah utara kita anggap 0 (nol) derajat. Timur adalah 90 derajat. Selatan adalah 180 derajat dan Barat adalah 270 derajat.

Bila Anda berada di sekitar Khatulistiwa atau selatan Khatulistiwa (Jawa, Bali Nusra, Lampung, sebagian besar Kalimantan, Sul-Sel) Anda akan menemukan bahwa matahari terbit bukan di Timur tepat atau 90 derajat dari arah utara, dan matahari tenggelam bukan di Barat tepat atau 270 derajat dari arah utara.

Anda akan menemukan bahwa matahari terbit pada posisi 100 derajat dari utara dan tenggelam pada posisi 240 derajat dari arah utara.

Fenomena ini sangat bermanfaat untuk evaluasi apakah posisi melintang kandang yang kita miliki sudah tepat atau belum.

Gunakanlah thermometer untuk mengamati suhu rata-rata siang dan sore hingga pukul 4 sore di sekitar kandang Anda. Kombinasi informasi yang Anda dapatkan tersebut akan memberi manfaat untuk evaluasi kembali bila Anda akan membangun kandang yang baru. Atau juga berfikir solusi alternatif pada kandang yang mungkin “terlanjur” salah arah melintangnya sehingga banyak sinar matahari sore yang masuk ke dalam kandang.

Lalu pertanyaannya adalah, apa langkah selanjutnya yang harus dilakukan ?? Setelah Anda mendapatkan fakta dan data tersebut maka Anda akan menemukan sendiri solusinya.

Bila Anda belum memiliki kompas dan thermometer, saran saya segeralah miliki dan lakukanlah percobaan singkat tersebut. Anda akan mendapatkan fakta dan data yang sangat membantu dalam beternak.

Selamat Mencoba.

Samarinda, 11-12-11

——————————

BLOG Perunggasan Indonesia mempunyai harapan untuk menjadi Pintu Gerbang Informasi Bisnis Perunggasan di Indonesia. Andapun dapat turut berbagi informasi sebagai kontributor di BLOG tersebut.

Bila Anda berkeinginan untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman bisnis perunggasan, maka di sinilah tempatnya. Kirimkan artikel Anda melalui email sopyanharis97@gmail.com dan akan diposting di BLOG Perunggasan Indonesia ini.

Mengutip motto dari @AkademiBerbagi bahwa “BERBAGI BIKIN HAPPY”. Jangan lupa follow @SopyanHaris di http://www.twitter.com untuk selalu terhubung bersama mengkampanye protein hewani untuk menuju Indonesia Emas 2020.

=============================

* Sebagai bahan evaluasi perkandangan

** Konsultas Bisnis dan Teknis Perunggasan Indonesia

Posted by. Sopyan Haris
with WordPress for Iyan’s JaveBerry.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: