Home > Bisnis Perunggasan, Konsultasi BBM, Layer > Konsultasi Layer : Keberhasilan Periode Pertama Pengusaha Baru Ayam Petelur

Konsultasi Layer : Keberhasilan Periode Pertama Pengusaha Baru Ayam Petelur

Konsultasi online *

Oleh : Sopyan Haris **

Estimasi baca : 5 menit.

Sekitar Tahun 2010, saya mengenal seorang kawan -nun jauh di sana- sebut saja Om Andyk. Berawal dari permintaan Om Andyk terhadap password file PDF tentang “Rahasia Memulai Bisnis Ayam Petelur”, komunikasi kami akhirnya berlanjut secara on-line.

00 Om Andyk

Beliau orang asli Indonesia yang saat ini masih bekerja di negara terluas di dunia namun akhirnya memutuskan untuk mencoba mengawali terjun dalam bisnis ayam petelur.

Beberapa kali kami saling kontak bahkan sempat juga by phone, sambil sedikit bercerita tentang Lumpur Lapindo, karena ternyata Om Andyk sempat bekerja di pengeboran di Sidoarjo sebelum kasus Lumpur Lapindo terjadi.

Setelah sekian lama kami lost kontak, akhirnya beberapa hari yang lalu kami kembali dapat terhubung dan melakukan percakapan online -Om Andyk add saya kembali- walau hanya sebentar menceritakan bahwa kandang pertama periode pertama berjalan lancar dan memberikan hasil yang memuaskan, dan saat ini sedang persiapan mendirikan kandang kedua.

Untuk kepentingan etika, percakapan tersebut melalui proses “editing”. Percakapan tersebut adalah sebagai berikut :

========================

Participants:
————-
-SopyanHaris, Om Andyk

Messages:
———
Om Andyk: Makasih so di add kembali mas sopyan

-SopyanHaris: Wah lama tak jumpa om Andyk neh

Om Andyk: Apa kabar nih? lama gak jumpa walau lwt BBM

-SopyanHaris: Kabar baik om, saya skrg tinggal di Kaltim

Om Andyk: Udah pindah ke Kalteng kah?
Om Andyk: Di Balikpapan?

-SopyanHaris: Di Samrinda om, tapi tugas untuk ALL Kalimantan

Om Andyk: Msh dgn PT. XYZ kah?
Om Andyk: Msh dgn PT. XYZ ?

-SopyanHaris: Masih om

Om Andyk: BlackBerry saya yang dulu hilang
Om Andyk: Sampe putus hubungan kita nih
Om Andyk: Sekalian ama laptop di dlm mobil digasak maling
Om Andyk: Tp gk apa2 krn mereka lebih memerlukannya kalee…jd ikhlasin aja
Om Andyk: Btw…usaha peternakan saya periode-1 berjalan lancar,ada rencana mo bangun kandang ke-2 nih
Om Andyk: Makanya saya berusaha cari contact number nya Mas Haris lewat buka2 e-mail dulu
Om Andyk: Akhirnya dapat jg..;)
Om Andyk: Makanya saya add kembali semuanya sekarang

-SopyanHaris: Saya pernah hubung om Andyk bbrp kali tapi ndak ada reply
-SopyanHaris: Ya Alhamdulillah skrg bisa connect lagi

Om Andyk: Iya mas makasih udah add saya kembali..

-SopyanHaris: Gimana kabar om Andyk skrg ?

Om Andyk: Baik mas..sy lg di china tp ditempat lokasi yg baru
Om Andyk: Juga usaha peternakan lumayan lancar
Om Andyk: Rencana mau bangun kandang ke-2

-SopyanHaris: Byuhhhh katanya udah mau mudik ??

Om Andyk: belom la mas…msh perlu banyak modal utk pelebaran bisnis layer toh
Om Andyk: Ternyata pengeluarannya lumayan jg periode kemarin tuh
Om Andyk: Apalagi skrg mau bangun yg ke-2
Om Andyk: Baru rencana sih krn msh ada waktu setahun lebih sebelum ayamnya afkir
Om Andyk: Msh mau kumpul2 modal dulu utk periode 2nya
Om Andyk: Eh mas..PT. XYZ memproduksi kandang battery juga ya?

-SopyanHaris: Ya ada om,

Om Andyk: Saya rencananya akan buat kandang dr besi nih
Om Andyk: Skrg lg bangun rumah utk starter dikampung
Om Andyk: Rencana kalu udah siap baru mau pesan DOCnya

-SopyanHaris: Wah om Andyk makin mantep neh terjun ke ayam

Om Andyk: Bisnisnya kelihatan menguntungkan soalnya apalagi skrg produksinya udah gk seimbang dgn permintaan konsumen
Om Andyk: Selalu pinjam dr punyanya kakak ipar utk menutupi kebutuhan konsumen saya

-SopyanHaris: Betul om, makin banyak org butuh protein hewani

Om Andyk: Makanya kandang periode-2 hrs dibangun rencana saya

-SopyanHaris: betul om

Om Andyk: Tp ada jg kendala nih mas..
Om Andyk: Access ke kandang saya sudah di tutup sama yang punya tanah.
Om Andyk: Tp saya dpt access lain dr tanah orang yg sudah saya beli utk jadi jalan pribadi ke kandang

-SopyanHaris: Hehehe, dia iri mungkin ya ??

Om Andyk: Kayaknya begitu krn bulan kemarin dia mau jual tanahnya ke saya tp sy blg pasti saya ambil kalo udah balik modalnya..jd sy minta waktu
Om Andyk: Baru sebulan lgsg dipagar accessnya
Om Andyk: Itu rencana yg akan dibangun utk ayam starter mas stlh proyek jln selesai
Om Andyk: Ukuran yg ideal utk populasi 2500 ekor kira2 luasnya brp,mas?

-SopyanHaris: Kalo ukuran untuk 30rb ekor saya ada om…
-SopyanHaris: Hehehe becanda, jangan marah yaaaa

Om Andyk: Ha ha ha
Om Andyk: Pasti akan kesana doong,step by step

Om Andyk: Modalnya kuecill ni😉

-SopyanHaris: Modalnya kuecill ni😉 <<< difoto copy aja om biar modalnya jadi banyakkk

Om Andyk: Ha ha ha …

-SopyanHaris: Pasti akan kesana doong,step by step <<< saya turut berdoa semoga lekas terwujud

Om Andyk: Aminn…thx

-SopyanHaris: Kalo om sudah menemukan analisa cash flow-nya, apa ndak coba tarik dana pihak ke-3 ??

Om Andyk: Itu yg mau saya usahakan mas

-SopyanHaris: Penambahan populasi dalam skala besar butuh capital injection yang juga tinggi

-SopyanHaris: Asal pasar penyerapan telur bisa dimaintain stabil, rasanya berani donk minimal punya 50rb

Om Andyk: Iya mas…tp kyknya luas lokasi yg ada skrg cuma bs menampung populasi sekitar 20an rb ekor
Om Andyk: Sesuai yg ada difoto itu,tp kalo sawahnya saya timbun cukup tuh mas
Om Andyk: Future plan nya akan kesana mas…
Om Andyk: ‎Proyek continue (y).jpg ‪(26.68 KB)‬
Om Andyk: Nah disebelah kanan jalan itu persawahan yg saya punya
Om Andyk: Kandangnya kelihatan tuh yg beratap seng
Om Andyk: Permisi mas saya dipanggil ke kantor sama boss,nnti sambung lagi ya

-SopyanHaris: Iya om, saya juga mau berenang dulu sama temen kantor. Lagi di palangkaraya neh

Om Andyk: Ok ok…jgn tenggelam yo

———–
Esok harinya…

-SopyanHaris: Met pagi Om

Om Andyk: Met pagi mas

-SopyanHaris: Mohon ijin om, diskusi kmrn di bbm mau saya publish di BLOG boleh ya…

Om Andyk: Boleh sekali doong (y)

-SopyanHaris: Nama saya samarkan, dan melalui proses editing oleh redaksi juga

Om Andyk: Gk apa2 jg pake nama saya yg asli biar top jd selebritis:D

-SopyanHaris: Rencana mau saya samarkan dengan nama Andyk, tapi foto yang kmrn tetap. Plus foto profile seperti Bob Sadino itu juga saya pasang.. Hehehe

Om Andyk: Hua ha ha ha😀
Om Andyk: Atur saja mas…bagi2 info buat peternak yg lainnya
Om Andyk: Btw,tolong bagi saya web address blognya nanti ya

-SopyanHaris: Oke Om, kamsia yaaaa

Om Andyk: Ok ok…happy weekend

-SopyanHaris: Saya mau prepare dulu bentar, mau menyambut kedatangan Ms Piggy di kandang peternak di palangka

Om Andyk: Sipp

-SopyanHaris: Oke om have a nice weekend juga

=========

Demikian diskusi singkat kami. Om Andyk di China dan saya di Borneo. Semoga dapat menginspirasi.

Dipublish dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah 22 Jan 2012

——————————

BLOG Perunggasan Indonesia mempunyai harapan untuk menjadi Pintu Gerbang Informasi Bisnis Perunggasan di Indonesia. Andapun dapat turut berbagi informasi sebagai kontributor di BLOG tersebut.

Bila Anda berkeinginan untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman bisnis perunggasan, maka di sinilah tempatnya. Kirimkan artikel Anda melalui email sopyanharis97@gmail.com dan akan diposting di BLOG Perunggasan Indonesia ini.

Mengutip motto dari @AkademiBerbagi bahwa “BERBAGI BIKIN HAPPY”. Jangan lupa follow @SopyanHaris di http://www.twitter.com untuk selalu terhubung bersama mengkampanye protein hewani untuk menuju Indonesia Emas 2020.

=============================

* Kolom Konsultasi Online via BBM / YM / G-Talk

** Konsultas Bisnis dan Teknis Perunggasan Indonesia

Posted by. Sopyan Haris
with WordPress for Iyan’s JaveBerry.

  1. December 31, 2014 at 1:33 AM

    salam kenal pak….saya anton dari cirebon, saya tertarik dan berminat untuk memulai bisnis ayam layer tp saya msh bth banyak pencerahan, kiranya bpk berkenan membantu saya. oh ya pak saya sdh download file PDF tentang “Rahasia Memulai Bisnis Ayam Petelur” dan saya bth password nya.
    trima ksh sebelumnya pak……..

    • March 24, 2015 at 4:53 PM

      Dear.

      Password sdh dikirim via email.

      Trims

  2. August 7, 2014 at 10:11 AM

    Selamat Pagi pak Sopyan Haris..
    Saja Jevie dari Bengkulu…saya sangat mau berternak ayam petelur dan sekarang sedang mengumpulkan data2/ info untuk saya pelajari. Boleh kah saya meminta pin bb bpk? banyak sekali yang ingin saya tanyakan..
    terima kasih..

    email saya jevie23@gmail.com

    • August 9, 2014 at 4:23 AM

      Selamat pagi Pak Jevie…

      Terima kasih sudah sempat singgah di blog.

      Pin sudah saya kirim ya. Terima kasih

  3. January 27, 2013 at 6:37 PM

    Selamat Sore pak Sopyan Haris
    Perkenalkan nama saya Hardy Tandean,kebetulan saya menemukan website bapak pada saat googling..
    saya mau konsultasi tentang bisnis ayam petelur pak..
    rencana bulan depan mau bangun,minta pin bb bapak,,spya lebih gmpng berkonsultasi nya
    terima kasih pak…

    • January 29, 2013 at 3:33 PM

      Selamat sore Pak/Mas Hardy…

      Pin saya sdh saya kirim via email.

      Terima kasih

  4. August 11, 2012 at 2:08 PM

    jika boleh saya minta pin BB nya mas? soalnya saya jarang aktif di YM, saya ingin beternak ayam petelur mas. ini pin BB saya 268218E4

    • August 16, 2012 at 8:19 AM

      Lewat YM atau G-Talk bolehlah, kalo lewat BBM akan hilang saat ganti pin.

  5. January 22, 2012 at 2:37 PM

    selamat sore pak.. saya alvin mahasiswa kedokteran hewan. beberapa hari lalu saya mengunjungi peternakan ayam layer closed house milik H.arum sabil. jujur saya terinpirasi dan tertarik untuk bisnis ayam layer. saya browsing kemudian bertemu dg blog bapak… biar lebih asyik, boleh kah saya tau pin bb bapak ? trims

    • January 23, 2012 at 4:53 AM

      Dear Mas Alvin,

      Betul, berkunjung ke Farm Layer Closed House beliau memang menyenangkan.

      Silahkan mas Alvin add saya di YM atau GTalk.

      Terima kasih.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

