Home > Bisnis Perunggasan, Konsultasi BBM, Pangan > Menerangi Perunggasan Dengan Bercerita

Menerangi Perunggasan Dengan Bercerita

Menerangi Perunggasan dengan Bercerita *

Oleh : Sopyan Haris **

Samarinda, 3 November 2011, 07:05 WITA

Estimasi Baca : 7 menit.

Dunia perunggasan adalah dunia yang kadang terdengar tak bermaka bagi orang awam. Dunia perunggasan kadang bermakna kotor, bau, kaum udik atau istilah lain yang mengarah nDeso bagi sebagian lagi bila kata perunggasan di kolaborasi dengan peternakan.

orang bercerita

Padahal, dunia perunggasan memberi jalan bagi tersedianya pangan bergizi di meja makan kita. Dunia perunggasan memberi style bagi penikmat pangan di semua kelas.

Terpaksa memang, pada awal hidup yang saya jalani untuk terjun ke dunia ini. Dunia yang bagi saya cukup gelap, dunia yang belum banyak terungkap -pada mulanya- di dunia digital ini, karena mungkin kembali pada pemahaman seperti di atas, bau, kotor, udikan dan nDeso.

Hilang arah dan kendali pada awal berselancar mengarungi perunggasan di offline dan online. Sejenak saya berfikir, mungkin banyak orang lain yang juga masih merasa “gelap” terhadap perunggasan. Harus ada “cahaya” yang bisa memberi penerangan di tengah jalan yang gelap ini.

BLOG, sebuah kata yang sudah saya dengar sejak lama. Tapi juga sebuah kata yang sulit untuk saya lakukan. Tetapi dari situ juga akhirnya saya dapat jalan pencerahan untuk bisa membuat pencerahan lain.

blog_thinker

Ya, dari BLOG banyak orang berbagi bagaimana membuat BLOG. Cukup lama saya harus membedah “jerohan” BLOG seperti hal-nya saya membedah ayam untuk tahu bagaimana sistem itu bisa bekerja.

Marak-nya Blogging di tahun 2006, saya mencoba Blogging dengan profile diri sendiri. Tapi ternyata gagal, saya kehilangan arah ketika sudah memiliki http://www.sopyanharis.blogspot.com bahkan saya kehilangan username dan password.

Di akhir tahun 2009, akhirnya saya coba kembali Blogging sesuai dengan dunia saya yaitu dunia perunggasan. Orang bilang passion. Sebuah kata yang tiba-tiba menjadi trend di tengah perkembangan kata lain seperti kreatifitas, enterpreneur, mandiri, social media ataupun personal brand. Ya, mungkin memang passion saya adalah menjembatani, memberi jalan pada sebagian orang awam pada dunia perunggasan melalui bercerita. Akhirnya berani saja Blogging kembali di http://www.unggasindonesia.wordpress.com

Blog word.

Pengalaman mengalami “gelap”-nya masuk ke dunia perunggasan menjadi dasar bagi saya untuk bercerita tentang dunia perunggasan. Posting demi posting kini dapat dilakukan dengan begitu mudah apalagi ada sebuah “gadget” yang cukup membantu proses itu.

Saat tiba-tiba muncul ide akibat aktivitas pendampingan yang saya lakukan di lapangan, saat itu juga jempol-jempol ini langsung bergerak mencurahkan pikiran dalam sebuah tulisan pendek yang suatu ketika akan menjadi bahan posting artikel baru. Saya merasa apa yang saya lakukan mungkin bermanfaat bagi orang lain yang sempat melakukan aktivitas yang serupa.

Bahkan artikel untuk ikut lomba di http://www.bloggernusantara.com inipun masih fresh from the oven alias baru saja selesai jempol-jempol ini bergerak mengetiknya. Mungkin ini manfaat lain dari passion bercerita.

Saat-saat ini, biasanya saya menyimpan dahulu stock artikel untuk saya kirimkan pada sebuah Majalah Perunggasan, dan Alhamdulillah akhir-akhir ini mulai banyak artikel saya yang bisa naik cetak di majalah tersebut. Setelah beberapa artikel terpublikasi ke majalah, selanjutnya artikel tersebut saya posting ke BLOG.

Yang lebih memberi kepuasan bathin adalah ternyata BLOG http://www.unggasindonesia.wordpress.com sudah dikunjungi lebih dari 1000 netter tiap bulannya. Mungkin itu angka yang cukup kecil bagi Blogger di dunia lain, tapi bagi saya angka itu cukup membuktikan bahwa apa yang saya bagikan mulai diterima orang lain.

Saya jadi mengenal pak Winardi Chandra seorang pengusaha telur di Medan. Saya mengenal Om Shandy, seorang yang bekerja di bidang pengeboran minyak di China yang akhirnya kini mulai berbisnis ayam petelur di Manado. Saya-pun mengenal pak Yudahadik, orang Jawa Timur yang kini sedang di Texas Amerika yang sering sharing tentang perunggasan. Dan saya juga mengenal Aulia Ahmadi seorang Assisten Dosen Ternak Unggas di Univeritas Terkemuka di Indonesia yang sering meminta masukan tentang perunggasan kepada saya. Kesemuanya itu berawal dari kunjungan mereka ke BLOG http://www.unggasindonesia.wordpress.com

Maraknya twitter mengantarkan saya juga menjadi twitterland dan saya mengenal @AkademiBerbagi yang memiliki motto “Berbagi Bikin Happy”. Melalui twitter ini saya-pun berbagi perunggasan dan melalui twitter juga beberapa konsultasi dilakukan.

Melalui BLOG http://www.unggasindonesia.wordpress.com saya bercerita. Melalui BLOG, saya berbagi. BLOG dengan gaya bercerita dan anti menggurui tapi tetap berusaha punya ciri akademisi yang tetap memiliki nuansa hati berusaha untuk turut terlibat membangun negeri menjadi sebuah bangsa yang mandiri dan sejati.

——————————

BLOG Perunggasan Indonesia mempunyai harapan untuk menjadi Pintu Gerbang Informasi Bisnis Perunggasan di Indonesia. Andapun dapat turut berbagi informasi sebagai kontributor di BLOG tersebut.

Bila Anda berkeinginan untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman bisnis perunggasan, maka di sinilah tempatnya. Kirimkan artikel Anda melalui email sopyanharis97@gmail.com dan akan diposting di BLOG Perunggasan Indonesia ini.

Mengutip motto dari @AkademiBerbagi bahwa “BERBAGI BIKIN HAPPY”. Jangan lupa follow @SopyanHaris di http://www.twitter.com untuk selalu terhubung bersama mengkampanye protein hewani untuk menuju Indonesia Emas 2020.

=============================

* Judul artikel pada Lomba Blogger Nusantara 2011

** Konsultan Bisnis dan Teknis Perunggasan Indonesia

Posted by. Sopyan Haris
with WordPress for Iyan’s JaveBerry.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

