Home > Pangan, Penyakit dan Kesehatan > Broadcast Message “Kista dari Ayam” = BBM yang menyesatkan

Broadcast Message “Kista dari Ayam” = BBM yang menyesatkan

Broadcast Message “Kista dari Ayam” = BBM yang menyesatkan *

Oleh: Sopyan Haris **

Estimasi baca : 6 menit

Logo Blackberry(Samarinda, 16 September 2012). Untuk kesekian kalinya saya kebetulan mendapatkan Broadcast Message yang menurut saya pribadi adalah sebuah berita yang menyesatkan. Broadcast Message ini berasal dari kawan lama saya kebetulan saat ini sedang menempuh studi S-2 di salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Jawa. Karena saya menganggap itu menyesatkan, maka langsung saya memberi respon dan diskusi justru cenderung seperti bernada agak memanas. Saya sengaja memposting diskusi di BBM tersebut untuk ikut menjelaskan agar pembaca mempunyai sudut pandang lain dalam menanggapi peredaran Broadcast Message yang tidak diketahui sumbernya.Berikut saya tampilkan diskusi tersebut secara utuh. Atas nama etika maka nama kawan saya harus disamarkan.

==============================

* Kawan_Lama: KISTA dari AYAM

Kista Rahim
Seorang wanita baru saja ketahuan memiliki kista dalam rahimnya, sehingga dia langsung menjalani operasi. Kista yang diambil berisi darah yang berwarna hitam pekat. Dia pikir dia akan sembuh setelah menjalani operasi, tetapi ternyata tidak. Hanya beberapa bulan setelah operasi ternyata tumbuh kista lagi. Dia kemudian menemui ginekolog untuk berkonsultasi. Saat konsultasi, dokternya menanyakan apakah teman saya ini sering makan chicken wings, dan dia jawab ya.

Seperti yang anda saksikan, pada jaman modern ini ayam disuntik dengan steroid agar cepat besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar. Sering kita lihat ayam broiler tubuhnya besar karena suntikan dibandingkan ayam kampung yang kecil tanpa suntikan. Kebutuhan ini tak lain adalah kebutuhan akan makanan. Biasanya suntikan ini dilakukan pada bagian leher atau sayap. Oleh karena itu, pada dua tempat inilah terdapat konsentrasi steroid yang paling tinggi.

Steroid inilah yang memberikan pengaruh pada tubuh sehingga cepat pertumbuhannya. Bahkan lebih bahayanya lagi, efeknya bagi hormon wanita membuat wanita lebih rentan untuk terkena kista rahim. Oleh karena hal itu, saya menyarankan untuk selalu berhati-hati dengan makanan yang anda konsumsi, terutama chicken wings.

Siapa saja yang menerima message ini, tolong lanjutkan ke orang-orang lainnya dan ke orang yang anda sayangi. Saya yakin tak ada seorangpun yang ingin menderita atau melihat orang-orang tersayang anda menderita karena kista.

Tolong sebarkan kelainnya demi keselamatan wanita – wanita Indonesia. Tidak hanya bisa nyebabin kista, Bagi anak-anak bisa menyebabkan hormone-nya berkembang lebih cepat, contoh anak wanita jadi cepat menstruasi.., Ini karena kebiasaan makan KCF,Mc Donal, dll..

Makanya,,saran dokter.. Kalo masak ayam broiler itu direbus 2x. Pertama untuk mengeluarkan obat2nya, kedua untuk bumbu.., Smoga bermanfaat..(y)

– SopyanHaris: Menyesatkan

* Kawan_Lama: Sesatnya dimana pyan?? Hehe

– SopyanHaris: Sering kita lihat ayam broiler tubuhnya besar krn suntikan dibandingkan ayam kampung yg kecil tnp suntikan. <<< Jawaban saya : Ini fitnah luar biasa…

– SopyanHaris: Oleh karena itu, pada dua tempat inilah terdapat konsentrasi steroid yang paling tinggi. <<< Jawaban saya : Tidak ada penggunaan steroid sama sekali pada ayam. Org tidak paham bgm ayam itu tumbuh tetapi menyebarkan berita tidak benar

– SopyanHaris: Kalo kista itu masalahnya dari makan ayam broiler maka mestinya hampir 100% wanita Indonesia harusnya terkena masalah yang sama. Mengapa ?? Karena lebih dari 1,5 milyar ekor ayam yang dikonsumsi masyarakat Indonesia dalam setahun adalah ayam broiler.

– SopyanHaris: Seperti yang anda saksikan, pada jaman modern ini ayam disuntik dengan steroid agar cepat besar sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar. <<< Jawaban saya : Kalimat yang 100% tidak benar. Ayam broiler bisa tumbuh cepat karena genetik-nya dipilih yang khusus untuk cepat besar dengan makan jagung dan bungkil kedelai. Tidak ada hormon ataupun steroid di situ. 98% ayam pedaging di seluruh dunia adalah ayam broiler.

* Kawan_Lama: Disini dibilang bukan penyebab utamanya, tetapi akan lebih rentan..

* Kawan_Lama: Pyan, ini ada BBM-nya temenku, Ibu-Ibu. Tentang KISTA..
Benar. Beta ini contoh nyata. Tahun 2005 operasi kista indung telur (Tual). Tahun 2005 operasi kista rahim (Makassar). Ternyata masih terasa sakit, tahun 2007 konsultasi ke Prof. Kandungan di RS UKI dan ternyata kista ada di saluran kencing, ditelusuri ternyata Beta paling suka konsumsi SAYAP ayam, entah di KFC ataupun yg dimasak sendiri

Mgkn para dokter yg salah beri info k pasien.. Tp krn info itu, jd tmn2 pada saling mengingatkan.

* Kawan_Lama: Tenang, yang ini ngga aku broadcast..

* Kawan_Lama: Ga hanya kista, tapi juga miom di rahim.. Selain ayam yang disuntik, yang juga jadi pemicu miom antara lain susu kedelai & binatang laut yang mempunyai cangkang yang mempunyai kadar mercuri tinggi terutama karena pencemaran laut di antaranya kerang, kepiting. Sejak ada miom (sekarang dah operasi 2x), aku sendiri ga pernah minum susu kedelai. Tapi kalo ayam-ayam Fried Chicken itu masih.. enak siy.. Hehe

Kalo ini BBM-nya temenku di MIPA dulu..
Ini hanya untk sharing aja lho..
Di group juga, apa yang kamu keluhkan aq sampaikan koq.

Cuman, menurut temen MIPA yang sekarang wartawan di ******, untuk praktiknya, banyak yang suntik. Pertanyaanya, apa benar semua peternak ayam pedaging gak pake suntik hormon/steroid??

– SopyanHaris: Cuman, menurut temen MIPA yang sekarang wartawan di ******, untuk praktiknya, banyak yang suntik. Pertanyaanya, apa benar semua peternak ayam pedaging gak pake suntik hormon/steroid?? <<< Jawaban saya : Wartawan itu tahukah apa yang disuntikkan ke ayam ?? Kalo gak tau harusnya wartawan itu bertanya donk..jangan memberitakan fitnah..

* Kawan_Lama: Ini dari para dokter lho.. Udah ada 3 orang temen BBM yang mendapat penjelasan yang sama dari dokternya.. Kan ga mungkin temenku nanya ke semua peternak yang lagi nyuntik.. Bisa jadi ada peternak yang bukan nyuntik steroid, tapi mungkin ada juga yang nakal. Nah, ada ga peluang peternak nakal d indonesia?? Kenapa sampe para dokter nganjurin seperti itu ke pasiennya ??

* Kawan_Lama: Lagian ga dilarang koq Pyan.. Cmn disuruh berhati2. Makanya, saran dokter. Kalo masak ayam broiler itu di rebus 2x. Pertama untuk mengeluarkan obat2nya, kedua untuk bumbu.., Hehe… Piss..

– SopyanHaris: Ndak gitu, cuma aneh aja. Jaman sekarang masih ada dokter yang berfikiran primitif kayak gitu. Isyu itu pernah marak jaman tahun 80-an dan kalo isyu itu masih beredar sekarang maka termasuk telat info. Persoalan saran 2x dimasak juga saran yang mengada-ada.

– SopyanHaris: Saranku, dokter juga harus mengenal ilmu gizi dan proses bagaimana pangan itu akhirnya hadir di depan meja. Informasi tidak benar dan cenderung menyesatkan bisa jadi merupakan propaganda agar masyarakat indonesia tidak banyak makan protein hewani yang murah dan terjangkau. Ujung-ujungnya menghambat kecerdasan otak dan fisik generasi mendatang..

– SopyanHaris: Persoalannya bukan pada broiler, susu kedelai atau binatang laut-nya tetapi lebih pada steroid atau mercuri-nya sich. Hanya saja orang awam jadi menganggap bahwa broiler atau kedelai atau binatang laut seolah-olah jadi pangan negatif.

* Kawan_Lama: Lha, trus yang benar yang mana?? Dari awal kamu gak jelasin yang sebenarnya itu seperti apa.. Untk urusan gizi, kayaknya mereka lebih kompeten deh.. Karena yang mereka pelajari itu, bahkan untuk semua jenis makanan..

– SopyanHaris: Nih gue share tulisan gue …
Title: Benarkah Fried Chicken di McDonald’s, KFC, Texas’s dll menggunakan daging ayam dengan hormon pertumbuhan ??? | BLOG Perunggasan Indonesia

https://unggasindonesia.wordpress.com/2009/12/29/12/

– SopyanHaris: Title: Jangan Makan Sayap Ayam, Karena Di Situ Ayam Divaksin – ADALAH BERITA MENYESATKAN | BLOG Perunggasan Indonesia

https://unggasindonesia.wordpress.com/2011/05/10/jangan-makan-sayap-ayam-karena-di-situ-ayam-divaksin-adalah-berita-menyesatkan/

* Kawan_Lama: Apa semua peternakan seperti itu dan jangan-jangan vaksin-vaksin itu yang dimaksud oleh para dokter.. Karena suntikan vaksinasi tersebut yang membuat rentan terhadap kista rahim.

Jangan terlalu emosi lah pyan.. Kenapa temen2 yang sakit itu ke dokter? Karena dokter memiliki kompetensi untuk mengetahui penyakit, paham gejala dan penyebabnya, dan berharap dapat obat yang cocok. Dan para dokter memberi penjelasan demikian. Jangan disalahkan temen2 yang menggunakan BBM karena bodoh, tapi karena info yang di dapat dari mereka yang paham tentang kesehatan.

Wajar kalo kamu tidak sependapat, karena kamu punya kepentingan dan paham tentang peternakan ayam. Tapi untuk masalah kesehatan, dokter juga punya kredibilitas. Tidak mungkin temen2 yang sakit datang ke peternak ayam untuk minta penjelasan.. Pernah ada ga penelitian yang menyatakan secara valid bahwa vaksinasi dan antibiotik tersebut tidak bermasalah bagi tubuh manusia??

Sebenarnya aq pengen share info kamu ini ke temen2 grup yg lain, tapi kalo dengan bahasa seperti itu, dan belum adanya penjelasan tentang dampak vaksin,, aq masih ragu.. Sorry Pyan..

– SopyanHaris: Sudah lama kok sebagian dokter dianggap sebagai penghambat pola konsumsi protein hewani asal unggas. Dan tidak sedikit juga dokter yang membantu memberi penjelasan tentang protein hewani dan manfaatnya untuk perkembangan pertumbuhan manusia.

Sebagai informasi saja bahwa di Indonesia setiap tahun minimal disembelih 1.5 milyar ekor ayam broiler dan di dunia minimal 10 milyar ekor ayam broiler di sembelih. Dan 100% ayam tersebut tidak ada yang tidak divaksin, karena vaksin ND dan Gumboro adalah barang wajib bagi ayam broiler. Berarti harusnya kasus kista menjangkit lebih dari setengah jumlah penduduk dunia yang berjumlah 4 milyar lebih. Tetapi kenyataannya kasus kista tidak sebanyak jumlah penikmat ayam broiler itu.

* Kawan_Lama: Kan udah aku bilang di awal, bukan penyebab utama, tapi lebih rentan.. Lagian cuman sayap dan lehernya aja.. Bukan berarti pas makan langsung sakit kista.. Gimana sih??

– SopyanHaris: “Lebih rentan” itu sama sekali tidak berbeda dengan praduga bahwa “ada potensi sebagai penyebab”. Akhirnya tetap saja nama ayam broiler di situ ikut terkait, apalagi bagi orang awam di luar perunggasan.

Emang sich gaya tulisanku cenderung frontal, tapi itu style jeee

* Kawan_Lama: Ok dech pyan.. Thanks ya.. Aq dah dapat pointnya. Thanks dah mau share.. (y)

– SopyanHaris: Oyi sama-sama

* Kawan_Lama: Ya itu bener.. Ya emang lagi dibawa-bawa nama ayam broilernya. Tapi kalo pembaca yang cerdas, bisa dibedain antara ‘penyebab utama’ dengan ‘akan lebih rentan’. Bukan berarti pas makan sayap langsung kena kista.. Banyak faktor lain, termasuk stress ! Lahh apa semua orang yang stress juga kena kista?? Gak kan??

– SopyanHaris: Hehehe…masalahnya dari judul sudah langsung menohok dengan 2 keyword : Kista dan Ayam. Dan biasanya dari judul langsung terbaca summary tulisannya.

Sebetulnya yang punya kepentingan untuk melawan penghambatan konsumsi protein asal unggas bukan cuma aku seorang, tetapi bangsa Indonesia.

Ayam dan telur adalah sumber protein yang paling murah, dan masyarakat Indonesia itu secara psikologis paling mudah kalo terbawa dengan isyu negatif.

– SopyanHaris: Oiya sedikit info juga… bahwa vaksin di ayam itu identik dengan imunisasi di manusia. Vaksin itu adalah memasukkan bibit penyakit berupa virus yang sudah dilemahkan.

Imunisasi di manusia juga sama memasukkan virus yang sudah dilemahkan ke tubuh kita. Cuma bedanya adalah jenis virus antara manusia dan virus di ayam.

==============================

Demikian diskusi di BBM tentang Kista dari Ayam. Semoga dapat meluruskan pandangan keliru tentang ayam broiler yang dapat tumbuh dengan cepat.

Ditulis di Samarinda, Kalimantan Timur 16 September 2012

——————————

BLOG Perunggasan Indonesia mempunyai harapan untuk menjadi Pintu Gerbang Informasi Bisnis Perunggasan di Indonesia. Andapun dapat turut berbagi informasi sebagai kontributor di BLOG tersebut.

Bila Anda berkeinginan untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman bisnis perunggasan, maka di sinilah tempatnya. Kirimkan artikel Anda melalui email sopyanharis97@gmail.com dan akan diposting di BLOG Perunggasan Indonesia ini.

Mengutip motto dari @AkademiBerbagi bahwa “BERBAGI BIKIN HAPPY”. Jangan lupa follow @SopyanHaris di http://www.twitter.com untuk selalu terhubung bersama mengkampanye protein hewani untuk menuju Indonesia Emas 2020.

=============================

* Salah satu peredaran Broadcast Message yang menyesatkan

** Sastrawan Perunggasan, tinggal di Samarinda

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: