Home > Bisnis Perunggasan, Perunggasan Dunia > Industri Pakan Ternak Indonesia dalam Konstelasi Asia dan Dunia

Industri Pakan Ternak Indonesia dalam Konstelasi Asia dan Dunia

Industri Pakan Ternak Indonesia dalam Konstelasi Asia dan Dunia * )

Oleh: Sopyan Haris ** )

Negeri “Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Rahardjo” hanya sebatas slogan yang tidak mampu dimanfaatkan dan diberdayakan oleh bangsa sendiri, terninabobokan dengan syair-syair merdu kehidupan alam negeri sehingga lelap tertidur dalam belaian tangan-tangan lain yang kiat mengerat.

Majalah Feed International edisi September/Oktober 2012 telah merilis rangking perusahaan penghasil pakan ternak dunia tahun 2011-2012. Rangking ini didasarkan atas total produksi minimal 1 juta MT. Perusahaan pakan ternak di benua Asia mendominasi total produksi pakan ternak di dunia, dan beberapa perusahaan di Asia juga terus berkembang dan mengambil market share yang juga meningkat.

Kenaikan harga biji-bijian sebagai bahan baku pakan ternak dalam tahun-tahun terakhir telah mengacaukan sistem pengamanan stock bahan baku di perusahaan penghasil pakan ternak dalam persaingan yang semakin sengit.

Untuk beberapa perusahaan, ini adalah waktu untuk mempertahankan market share. Tetapi, sebagian perusahaan -baik besar ataupun kecil- memanfaatkan situasi ini untuk meningkatkan porsinya di pasar dengan mengambil kesempatan untuk mengubah struktur perusahaan dengan cara merger atau akuisisi dan meningkatkan investasi.

Pakan 01

Dominasi perusahaan pakan ternak dari benua Asia tergambarkan pada Grafik 1. Enam perusahaan dari benua Asia mampu menduduki rangking 10 terbesar. Amerika menempatkan 3 perusahaannya dalam rangking 10 terbesar. Brazil dan Belanda masih menempatkan perusahannya dalam rangking 10 terbesar juga. Dalam konteks dunia, Indonesia masuk dalam peringkat 43 dengan bendera Japfa Comfeed. Dari 63 perusahaan yang masuk dalam kualifikasi minimal 1 Juta MT, ternyata mayoritas berkantor pusat di Asia khususnya China. Pada Tabel 1 menunjukkan data lengkapnya.

Pakan 02

Dan sekali lagi, Group Charoen Pokphand yang berkantor pusat di Thailand menduduki peringkat pertama dan Group New Hope dari China menduduki peringkat ketiga setelah Cargill dari Amerika Serikat di peringkat kedua.
Dalam ruang lingkup di Asia, dominasi China juga terlihat luar biasa. Pada Tabel 2 terlihat bahwa dari 10 perusahaan pakan ternak terbesar di Asia ternyata 8 perusahaan berasal dari China. Sementara Japfa Comfeed dari Indonesia menempati peringkat ke-20 sedangkan CJ Cheil Jedang dari Korea posisi 24.

pakan 03

Dominasi China sebagai produsen pakan ternak dunia tidaklah sesuatu yang aneh, mengingat memang jumlah penduduk China yang berjumlah 1.35 milyar jiwa menempati peringkat pertama, disusul India, Amerika Serikat dan Indonesia dengan populasi 237,6 juta jiwa (Sensus 2010). Yang justru aneh adalah Indonesia berada pada peringkat 4 populasi penduduk dunia, tetapi bukan peringkat ke-4 sebagai penghasil pakan ternak dunia yang nota bene adalah mata rantai dalam penyediaan pangan bagi penduduknya. Jelas bahwa pasar potensial Indonesia tak cukup mampu dimanfaatkan secara langsung oleh tuan rumah di negerinya sendiri.

Negeri “Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Rahardjo” hanya sebatas slogan yang tidak mampu dimanfaatkan dan diberdayakan oleh bangsa sendiri, terninabobokan dengan syair-syair merdu kehidupan alam negeri sehingga lelap tertidur dalam belaian tangan-tangan lain yang kiat mengerat.

*). Diadaptasi dari Majalah Feed International edisi September/Oktober 2012. Telah dipublikasi juga di Majalah POULTRY INDONESIA 2013

**). Sastrawan Perunggasan, tinggal di Samarinda – Kalimantan Timur

  1. July 3, 2015 at 12:09 AM

    Harapan saya untuk pabrik pakan Indonesia segeralah menggunakan bahan baku pakan murni berbahan baku lokal, secuilpun jangan lah import untuk campuran bahan pakannya. Apalagi bahan utamanya import, kalo mereka naikan harga, petani juga yang,,,

    • September 21, 2015 at 9:30 PM

      Harapan itu juga yang diinginkan oleh banyak kalangan.

      Semoga terwujud…

  2. Goroyalcrownambasador
    May 9, 2013 at 11:09 AM

    selamat pagi pak sofyan mohon saya selalu dikirim berita terbaru lwt email..trimakasih

    Sent from Samsung Mobile

    BLOG Perunggasan Indonesia wrote:

    • May 13, 2013 at 7:28 AM

      Dear

      Bapak/Ibu dapat memasukan alamat email sebagai follower BLOG untuk selalu mendapat notifikasi bila ada berita terbaru melalui BLOG Perunggasan Indonesia.

      Salam,
      SH

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: