Home > Bisnis Perunggasan, Celah Kandang > Bukan ayam yang harus ikuti kita

Bukan ayam yang harus ikuti kita

image

Bukan ayam yang harus ikuti kita
Oleh : Sopyan Haris

(estimasi baca : 2 menit).

Banjarmasin, 13 Oktober 2013.
Bukan ayam yang harus ikuti kita, tetapi kitalah yang harus ikuti ayam. Barangkali demikian kalimat filosofis yang akhirnya muncul manakala kita terjun ke dalam dunia bisnis di bidang perunggasan. Secara pribadi saya ingin mengatakan bahwa bisnis di bidang “Perayaman” adalah bisnia “menerima manfaat” dari ayam bukan bisnis “mengekploitasi ayam”.

Sesungguhnya, ayam-lah yang menjadi boss kita. Bila kita memberi semua kebutuhan ayam dan ayam merasa puas dan nyaman maka ayam akan tumbuh berkembang dan berpoduksi dengan maksimal. Dengan begitu, ayam akan memberikan hasil keuntungan yang bagus untuk kita.

Mari kita ulas contoh situasi seperti pada gambar di atas. Tidak cukup adil bila kita berharap hasil yang maksimal dari ayam apabila kita menempatkan ayam dengan kondisi tempat minum seperti itu. Ayam mengalami kesulitan saat akan mengkonsumsi air minum. Saya berfikiran positif, mungkin si pemilik cukup telaten akan membantu menyuapi satu per satu ayam bila ayam mengalami kesulitan minum. Tapi rasanya pikiran positif tersebut adalah pikiran konyol dan cenderung -maaf- sinis dan bodoh.

Foto tersebut adalah kebaikan dari seorang rekan yang tidak dapat disebutkan namanya yang telah berkenan untuk berbagi. Dari foto tersebut saya mencoba mengajak kepada kita semua untuk berbuat adil juga terhadap ayam-ayam yang kita miliki. Ayam-ayam tersebut adalah aset usaha yang kita miliki yang kita berharap mendapat manfaat banyak dari hasil produksinya. Oleh karena itu, berikanlah apa yang ayam butuhkan dan tunggulah nanti ayam akan memberikan apa yang kita butuhkan.

Dishare dari Banjarmasin.

Sopyan Haris
“Sastrawan Perunggasan”

  1. September 6, 2014 at 6:00 PM

    Bapak Sopyan
    Saya ingin memulai peternakan ayam petelur dan sekarang masih dalam tahap untuk pencarian pulletnya. Jika berkenan boleh saya minta pin atau no bapak yang bisa dihubungi karena saya sangat awam sekali dibidang ini. ini alamat email dan pin saya : noverdi.indrawirawan@gmail.com/7cdb7efc

    • September 9, 2014 at 1:11 PM

      Pak Indra…

      Pin sdh saya kirim via email ya..

      Trims

    • September 18, 2014 at 6:47 AM

      Pin sdh di add yaaa. Trims

  2. anniesadri
    February 26, 2014 at 7:11 PM

    Selamat malam pak Sopiyan.
    Saya sedang dalam persiapan untuk memulai budidaya ayam petelur kalau boleh saya minta study kelayakan usaha ayam petelur yg menurut bpk sendiri dan jenis ayam petelur yg paling baik serta umur yg paling baik dengan resiko rendah.Terimakasih

    • March 13, 2014 at 11:17 PM

      Selamat malam bu Ani..

      Saya ada sedikit file yg mgkin bisa membantu perhitungan simpelnya.
      Tapi maaf saya bukan ekonom atau akuntan jadi sudut pandang Feasibility Study saya cukup minim.

      Beberapa org berduit yg pernah diskusi dg saya dan hny murni pakai sudut pandang feasibility study nyatanya “maju selangkah” dan “mundur 3 langkah” di bisnis ayam petelur.

      Tapi gpp nnti saya coba email ya Bu. Mau yg bernilai investasi ratusan juta atau ribuan juta rupiah angkanya ??

  3. November 1, 2013 at 10:43 AM

    kok belum masuk pak ke email saya.. mohon sms ke saya di 0856 55 28 11 14. terima kasih pak.

    • November 1, 2013 at 10:54 AM

      Sudah saya email tetapi mendal alias rejected.

      • November 3, 2013 at 9:12 PM

        mohon bapak sms ke nomor saya saja pak di 0856 55 28 11 14. atau pin bb 268218e4 biar cepat. trims

      • November 3, 2013 at 9:52 PM

        Pin bbm sudah saya add. Terima kasih

  4. October 28, 2013 at 3:53 AM

    selamat malam.,, sy drh.alvin tertarik untuk membuat kandang closed house layer di lamongan. mohon diberikan kontak telp pak sopyan haris, sy ingin sharing . trims

    drh.alvin
    085655281114
    http://www.dokterunggas.com

    • October 28, 2013 at 5:57 AM

      Selamat pagi pak Alvin, salam kenal juga

      Terima kasih atas atensinya.
      Nomor kontak nanti saya kirim via email. Terima kasih

      Salam dari Banjarbaru
      Sopyan Haris

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

